Pesona Pantai Sidem di Tulungagung Menjadi Alasan Untuk Berwisata Ke Tulungagung

shares

Berwisata Di Pantai Sidem Tulungagung

Kabupaten Tulungagung sebagai daerah yang berada di pesisir Laut Selatan Jawa menyajikan banyak pesona alam. Terdapat beberapa pantai dengan keindahan dan keasriannya yang masih terjaga, sehingga sayang apabila dilewatkan. Salah satunya yaitu Pantai Sidem di Tulungagung. Pantai yang berada di sebelah selatan kota Tulungagung ini menawarkan berbagai pesona alam bahari. Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan berbagai objek wisata lainnya semakin menambah kelengkapan daya tariknya. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota, wisata di pantai ini terbilang cukup lengkap. Tak hanya pesona pantainya yang indah, lokasinya yang berdekatan dengan kampung nelayan menjadi keunggulan pantai ini.

Pantai Sidem berada di di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Di Kecamatan Besuki sendiri terdapat sekitar 5 pantai yang menjadi destinasi wisata.  Tak jauh di sebelah barat, terdapat Pantai Popoh yang berjarak sekitar 1 kilometer. Pengunjung juga bisa menyusuri tepi pantai dan melewati bukit untuk menuju Pantai Popoh. Tempat Wisata Pantai Sidem di Tulungagung mempunyai berbagai pesona. Keindahan pantai yang dihiasi dengan hamparan pasir putih yang lembut menjadi daya tarik. Tak hanya itu, pengunjung juga disuguhi dengan pemandangan laut biru yang dihiasi dengan kapal-kapal nelayan yang bersandar di sekitar Pantai SIdem dan Pantai Popoh. Semakin menambah keelokan pantai yang unik dan terbilang masih baru ini.

Destinasi Tempat Wisata Lain di Sekitar Pantai Sidem

Lokasi Wisata Pantai Sidem di Tulungagung sendiri bisa dibilang lengkap. Selain dipuaskan dengan keindahan pantai, pengunjung juga bisa menikmati berbagai tempat wisata lainnya yang berada tak jauh dari pantai ini. Kurang puas dengan wisata pantai, para wisatawan juga bisa mengunjungi PLTA Niama atau yang akrab disebut Bendungan Niama oleh penduduk sekitar. Bendungan ini menjadi titik akhir dari sungai yang ada di kawasan Tulungagung selatan. Selain Pantai Popoh dan PLTA Niama, juga terdapat beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa dinikmati oleh wisatawan, yaitu terowongan Niama yang dibangun pada jaman penjajahan.

Untuk bisa menikmati Obyek Wisata Pantai Sidem di Tulungagung, pengunjung bisa mencapainya dengan gampang.  Jalan yang sudah beraspal dan kondisinya yang baik memudahkan para pengunjung untuk menjangkau lokasi pantai. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang tersedia menuju pantai. Suasana liburan semakin menyenangkan dengan ditemani banyaknya pepohonan jati yang tumbuh. Menambah kesejukan dan keindahan ketika dalam perjalanan menuju pantai.

Baca Juga : Daftar Pantai Indah Yang Terdapat Di Tulungagung

Dengan berbagai keistimewaan yang ada, pengunjung yang hendak berwisata hanya diwajibkan untuk membayar tiket masuk lokasi pantai sebesar Rp 3000 saja. Untuk para wisatawan yang membawa kendaraan dikenakan biaya retribusi parkir sekitar Rp 1000 untuk kendaraan roda dua, Rp 2000 untuk mobil, dan Rp 3000 untuk kendaraan mobil bus. Ukuran tersebut sangatlah murah apabila dibandingkan dengan keindahan dan pesona yang ditawarkan disana. Saat ini belum tersedia tempat pemondokan bagi para wisatawan yang hendak menginap. Untuk itu disarankan bagi para pengunjung untuk menginap di villa dan penginapan yang tersedia di Pantai Popoh.

Selain sebagai tempat tujuan wisata, Pantai Sidem juga merupakan lokasi dimana perkampungan nelayan berada. Disana wisatawan juga bisa berkunjung dan membawa pulang berbagai hasil tangkapan ikan segar para nelayan. Tak hanya itu, berbagai olahan ikan pun bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Dengan berbagai kelengkapan dan keistimewaan yang ada, berwisata di Pantai Sidem Tulungagung sangat cocok menjadi destinasi wisata bagi sahabat dan keluarga.

Related Posts