Objek Wisata Air Terjun Indah di Bali Dan Lokasinya

shares

Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Siapa yang tidak tahu betapa indahnya Pantai Kuta ? Siapa yang tidak ingin mengunjungi bangunan-bangunan bersejarahnya? Siapa pula yang tidak ingin tahu dengan air terjun di Bali?  Wisatawan mancanegara pun akan dengan rela menghabiskan uangnya untuk mengunjungi pulau dewata ini. Pesona alam yang ditawarkan sudah tidak dapat diragukan lagi. Sehingga tidak heran hingga saat ini, pariwisata Bali termasuk pariwisata terbaik dan terfavorit di negeri ini. Puluhan juta wisatawan datang setiap tahunnya, baik itu wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Selain terkenal dengan pantai dan bangunan-bangunan bersejarahnya, Bali juga memiliki keunggulan lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata air terjunnya. Pulau yang terletak di Indonesia bagian tengah ini memiliki beberapa objek wisata air terjun yang tak kalah mempesona. Karena selain tempatnya yang indah, bentuknya juga beragam serta memberikan sensasi tersendiri bagi anda yang mengunjunginya. Jika Anda memiliki waktu luang dan ingin berlibur bersama keluarga, air terjun di Bali  ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi anda.

Air Terjun di Bali dan Lokasinya

#1. Air Terjun Dusun Kuning

Lokasi Air Terjun Dusun Kuning Di bali

Air terjun ini terletak di Dusun Kuning, Desa Taman Bali. Masyarakat setempat memberi nama air terjun ini sesuai dengan lokasi keberadaannya. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di Bali yang letaknya tersembunyi, sehingga belum banyak orang yang tahu kecuali penduduk setempat. Untuk sampai di lokasinya pun memerlukan usaha yang lebih karena akses jalan yang di tempuh cukup sulit. Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini harus dicapai dengan berjalan kaki melewati kebun hingga tebing-tebing di pinggiran Sungai Malangit. Dari tebing tersebut, Anda masih harus turun beberapa ratus meter lagi untuk mencapai air terjun. Tidak hanya itu, Anda harus menuruni tebing dengan posisi terbalik berpegangan pada akar pohon. Tapi jangan khawatir, karena perjuangan Anda tidak akan sia-sia. Sebab air terjun Dusun Kuning memiliki panorama alam yang sangat indah di sekitarnya. Airnya mengalir deras di antara rindangnya pepohonan dan udaranya pun masih segar. Sehingga, disarankan untuk mengunjunginya di pagi hari. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang bisa Anda gunakan untuk berenang atau sekedar mencuci muka.

#2. Air Terjun Sekumpul

Lokasi Air Terjun Sekumpul di bali

Air terjun sekumpul ini merupakan air terjun di Bali yang pesona dan keindahannya tiada duanya. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terletak di Desa Sekumpul. Seperti Air Terjun Dusun Kuning, untuk mencapai lokasi air terjun Anda harus rela mengorbankan tenaga Anda untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Dari tempat parkir anda harus menyusuri jalan tanah sejauh ratusan meter lalu menaiki anak-anak tangga yang jumlahnya juga ratusan lalu menyebrangi sebuah sungai. Di ujung jalan yang sempit anda akan menemukan sebuah gazebo. Cobalah berdiri disana, dan anda akan melihat betap gagahnya air terjun Sekumpul dari tempat itu. Air terjun sekumpul berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya, seperti namanya air terjun ini tidak hanya terdiri dari satu atau dua saja. Faktanya ada tujuh air terjun dengan lokasi yang terpisah-pisah dan ketinggian yang berbeda-beda. Air terjun tersebut berada di antara tebing-tebing yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun menambah elok pemandangan sekitarnya.

#3. Air Terjun Carat

Lokasi Air Terjun Carat Di Bali

Air Terjun Carat merupakan salah satu air terjun di bali yang memiliki misteri yang konon katanya tidak boleh didatangi. Pengunjung  hanya diperbolehkan melihat dari jauh. Sebab menurut  masyarakat setempat air terjun ini sedikit angker.  Meskipun demikian, melihat dari jauh  pun sudah cukup membuat Anda terpesona dengan keindahannya. Air terjun yang terletak di Desa Tamblang ini memiliki dua aliran, yaitu air terjun besar dan air terjun kecil. Air Terjun Carat yang kecil memiliki ketinggian sekitar 4 meter, sedangkan yang besar memiliki ketinggian hingga 100 meter. Tidak perlu khawatir jika Anda tetap ingin mandi dan berenang di air terjun ini, karena masih diperbolehkan untuk air terjun yang berukuran kecil.

Itulah beberapa air erjun di Bali yang dapat anda kunjungi untuk menikmati masa liburan Anda bersama keluarga.

Related Posts