Menelusuri Keindahan Obyek Wisata Yang Sedang Hits Di Dieng Plateau

shares

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi di kawasan Wonosobo dan Banjarnegara. Tingginya mencapai 2000 meter di atas permukaan laut. Salah satu hal yang terkenal dari Dieng adalah obyek wisatanya. Obyek wisata Dieng bermacam-macam, dari yang berbentuk pegunungan, kawah, telaga, candi dan lain sebagainya. Apabila hari-hari libur, kebanyakan obyek wisata tersebut akan dipenuhi oleh banyak pengunjung. Obyek wisata ini memang sudah sangat terkenal, jadi pengunjung yang datangpun dari berbagai tempat. Berikut adalah beberapa obyek wisata di Dieng yang bisa Anda kunjungi bersama teman ataupun keluarga:

Obyek Wisata Dieng Plateau Yang Wajib Dikunjungi

1. Telaga Warna

Obyek wisata hits Telaga Warna di dieng

Telaga Warna adalah obyek wisata Dieng yang sudah dikenal baik oleh publik. Kurang lengkap kalau ke Dieng tapi tidak ke telaga Warna. Keistimewaan dari Telaga Warna yaitu warna airnya yang bisa berubah-ubah. Hal tersebut dikarenakan kandungan sulfur yang tinggi pada air. Ketika air tersebut terkena cahaya matahari, kandungan sulfurnya akan merubah warna air menjadi kuning, hijau atau pelangi. Di sekitaran telaga warna juga terdapat gua-gua dan bukit-bukit. Untuk menikmati pemandangan tersebut, disarankan kesana di waktu pagi sampai siang hari ketika masih ada sinar matahari. Hal tersebut karena ketika sore hari kemungkinan akan ada kabut-kabut yang menyelimuti telaga. Sayang sekali kalau Anda sudah kesana namun tidak bisa menikmati pemandangan indahnya.

2. Kawah Sikidang 

Obyek wisata hits Kawah Sikidang di dieng

Kawah Sikidang adalah sebuah obyek wisata Dieng berbentuk kawah yang aman untuk dikunjungi sehingga dibuka untuk umum. Untuk memasuki kawah sikidang, ada tiket masuknya dengan harga sekitar 6000 rupiah. Sebagai tindakan keamanan, pengelola membuat pembatas-pembatas di pinggir kawah yang terbuat dari kayu. Dari sana pengunjung bisa melihat letupan-letupan di kawah dan asap yang menyembur dari dalamnya. Sangat disarankan kepada para pengunjung untuk menggunakan masker ketika kesana, karena di kawah tersebut terdapat belerang, sehingga udara di sekitarnya juga akan mengandung gas belerang yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Jika pengunjung tidak membawa masker tidak perlu khawatir, karena disana ada banyak penjualnya.


3. Lembah Seroja

Obyek wisata hits Lembah Seroja di dieng

Obyek wisata Dieng selanjutnya yaitu lembah Seroja. Lembah ini terdapat di pinggiran Pegunungan Dieng, bersisian dengan gunung Sikunir. Ada begitu banyak hal yang bisa dilihat dari Lembah Soraja, salah satunya yaitu telaga Menjer. Telaga berbentuk seperti hati yang biasa juga disebut dengan Love Like. Selain telaga Menjer, dari Lembah Soraja juga bisa menikmati pemandangan desa-desa dan area pertanian sayur mayur yang sangat khas dengan udara sejuknya. Selain itu, pemandangan Gunung Sindoro juga bisa terlihat dari sana. Jika Anda punya banyak waktu, Lembah Seroja juga bisa digunakan untuk berkemah. Ketika pagi mulai menjelang, pengunjung bisa menikmati matahari terbit atau sunrise yang indah.

4. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon dieng

Di Dieng Plateau, terdapat sebuah obyek wisata bernama Telaga Pengilon. Pengilon dalam bahasa Indonesia berarti cermin. Telaga ini bersifat layaknya cermin, yaitu memantulkan bayangan benda di hadapannya. Permukaan air Telaga Pengilon memantulkan bayangan Gunung Prau, pohon-pohon akasia, dan hal-hal lain di sekitar telaga. Gambaran yang direflesikanpun begitu indah. Sangat cocok menjadi obyek bidikan lensa profesional. Lokasi obyek wisata Dieng yang satu ini dekat dengan Telaga Warna, yaitu sekitar 400 meter dan masih dalam kawasan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Dieng.

5. Padang Savanna

Objek wisata hits Padang Savana di dieng

Ciri khas dari Padang Savanna yaitu hamparan luas rerumputannya. Konon obyek wisata yang satu ini awalnya adalah sebuah kawah, namun sekarang kawah tersebut sudah tidak aktif lagi sehingga ditumbuhi pepohonan. Waktu yang direkomendasikan ketika hendak mengunjungi Padang Savanna yaitu pada saat musim kemarau. Panas dari musim kemarau menjadikan rumput-rumputnya berwarna kecoklatan menyuguhkan landscape yang indah. Kawasan obyek wisata ini juga masih terbilang sepi, karena lokasinya yang agak susah dijangkau.

6. Kompleks Candi Arjuna

obyek wisata Kompleks Candi Arjuna di dieng

Kompleks Candi Arjuna merupakan sebuah obyek wisata seluas 1 hektar yang berisi beberapa candi, seperti: Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Semar, ada juga Candi Sembadra. Suasana di Kompleks Candi Arjuna masih terbilang asri, banyak pepohonan dan rumput-rumput di sekitarnya. Obyek Wisata Dieng ini merupakan salah satu yang diunggulkan di Dieng.

Related Posts