Wisata Pantai Sanggar di Tulungagung, Keasrian yang Belum Terjamah

shares

Wisata Pantai Sanggar di Tulungagung

Banyak sekali tempat pelesir yang bisa menjadi alternatif para wisatawan, diantaranya pantai. Dalam berbagai media sosial terdapat berbagai macam tempat wisata yang sebelumnya belum banyak diketahui. Salah satunya adalah tempat wisata pantai Sanggar Di Tulungagung, Jawa Timur. Pantai berpasir putih ini masih jarang dikunjungi oleh para pelancong. Keelokan dan keasrian alam di sekitar pantai yang masih asri menjadi daya tarik tersembunyi. Posisinya yang menghadap langsung Laut Selatan menambah eksotisme tempat ini. Letaknya yang jauh dengan pemukiman penduduk sangat cocok bagi para turis yang menyukai piknik di tempat yang masih perawan alamnya.

Pantai Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa timur. Obyek Wisata Pantai Sanggar di Tulungagung ini masih terbilang belum begitu populer di kalangan turis domestik. Lokasinya yang cukup terpencil menjadi daya tarik tersendiri. Garis pantainya sendiri tidak terlalu panjang, tidak lebih dari 5 kilometer. Pantai ini dikelilingi oleh tebing karang yang menjulang dan menambah pesona pemandangan di sekitarnya. Tak jauh disampingnya terdapat Pantai Ngalur.

Lokasi pantai berada di sebelah selatan pusat kota Kabupaten Tulungagung. Pantai ini juga hampir berdampingan dengan pantai lainnya. Untuk itu, dianjurkan sampai di pantai pada pagi hari, sehingga bisa mengunjungi pantai-pantai lainnya, seperti Pantai Ngalur dan Pantai Patuk Gebang. Apabila pengunjung masih memiliki waktu yang banyak juga bisa berkemah serta mengunjungi Pantai Jung Pakis dan Kalipucung. Semua keistimewaan itu membuat obyek wisata Pantai Sanggar di Tulungagung semakin lengkap bagi para turis yang memiliki jiwa petualang.

Rute Ke Tempat Wisata Pantai Sanggar di Tulungagung

Bagi para turis yang ingin merasakan berwisata Pantai Sanggar di Tulungagung, bisa melalui beberapa rute. Dimulai dari Terminal Tulungagung, menuju ke arah Kecamatan Campurdarat yang mengarah ke timur dan mengikuti petunjuk jalan. Sekitar 500 meter kemudian terdapat perempatan. Dari perempatan lalu lintas tersebut ke arah selatan. Akses untuk mencapai pantai ini memang terbilang masih cukup sulit. Hal itu disebabkan oleh jalan menuju pantai yang harus melalui pematang sawah milik warga. Selain itu pula kondisi jalan yang belum beraspal dan berlumpur apabila basah juga menjadi rintangan bagi para pengunjung. Untuk itu bagi para pengunjung dianjurkan untuk memarkirkan kendaraan di warung, walaupun jalan menuju pantai masih cukup jauh.

Baca Juga : Tempat Wisata Pantai Yang Hits Di Tulungagung

Untuk bisa menikmati keindahan dan pesona pantai ini tidak dikenakan tiket masuk. Cukup hanya dengan membayar uang parkir kendaraan sekitar Rp 5000. Perjalanan dari desa terakhir menuju pantai memerlukan waktu lebih kurang selama 20 menit dengan berjalan kaki. Jalan yang curam dan sempit menjadikannya sulit untuk bisa diakses dengan sepeda motor. Namun, perjuangan yang cukup melelahkan itu akan terbayar ketika melihat birunya Samudera Hindia yang terhampar luas. Selain itu pula keindahan alam yang masih asri seketika menghilangkan rasa lelah sembari ditemani deburan ombak yang cukup besar.

Tempat Wisata Pantai Sanggar di Tulungagung sangat cocok bagi para turis yang memiliki jiwa petualang. Tempatnya cukup bersih dan terawat, sehingga bisa menjadi tempat berkemah yang nyaman. Lokasi tersebut dirawat oleh para pemilik warung yang terdapat di sekitar tepi pantai. Di warung-warung tersebut juga terdapat tempat bersantai dan beristirahat bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana pinggir pantai. Bagi pengunjung yang membawa peralatan berkemah, direkomendasikan untuk mengunjungi pantai-pantai lainnya juga, sehingga bisa memuaskan diri dalam berpetualang.

Related Posts